Apakah kamu pernah mendengar istilah kayu jati belanda? Mungkin ada yang mengira bahwa kayu ini berasal dari Belanda seperti namanya. Faktanya, tidak ada tumbuhan yang bernama “Jati Belanda” di negara ini. Bahkan, kayu jati belanda pun tidak berasal dari Belanda.

Fakta Menarik Kayu Jati Belanda

15-1 arafurucom

Sumber : Arafuru

Kayu yang disebut jati belanda banyak digunakan untuk membuat perabot rumah tangga. Nah, supaya bisa lebih mengenal jenis kayu yang satu ini, yuk simak sejumlah fakta menariknya berikut ini.

📌 Merupakan Kayu Impor

Jika bukan berasal dari Belanda, dari mana kayu jati belanda berasal? Sebenarnya, istilah Belanda pada nama kayu ini mengacu pada negara-negara di luar Indonesia, baik Jerman, Jepang, dan sebagainya. Artinya kayu jati belanda merupakan kayu impor atau berasal dari luar negeri, bukan hanya Belanda.

📌 Merupakan Kayu Pinus

Fakta lain yang sering disalahpahami adalah kayu jati belanda bukan merupakan kayu jati asli, tetapi pinewood atau kayu pinus. Jenis kayu ini sering digunakan sebagai palet untuk melindungi barang yang dikirim dari luar negeri. Harga papan kayu jati belanda terbilang lebih murah dibandingkan kayu jati asli.

📌 Ditanam di Indonesia

Menariknya, pohon kayu jati belanda atau kayu pinus sebenarnya juga bisa ditemukan di Indonesia. Kayu jenis ini banyak tumbuh di daratan Sumatera, yaitu spesies Merkusii dan Tusam. Spesies Pinus merkusii adalah salah satu dari jenis kayu jati belanda yang umum digunakan. Selain itu, ada jenis Pinus radiata.

Kayu pinus dibudidayakan karena permintaan pasar lumayan tinggi. Selain itu, proses tumbuhnya termasuk cukup pesat. Karena itu, penggunaan kayu jati belanda tidak terlalu mengkhawatirkan karena bisa segera diganti dengan tumbuhan baru lainnya. Kayu pinus yang dibudidayakan ini memiliki kualitas yang lebih baik.

📌 Memiliki Karakteristik Khas

Hal yang unik dari kayu jati belanda adalah karakteristiknya. Bobotnya ringan sehingga sangat cocok dijadikan sebagai material membuat ornamen atau hiasan dari kayu. Selain itu, seratnya terlihat sangat cantik dan mencolok. Warna kuning kayu atau krem hingga memberi kesan cerah dan bersih.

Membuat Furnitur dari Kayu Jati Belanda

15-2 dekorumacom

Sumber : Dekoruma

Banyak perajin membuat furnitur atau perabot rumah tangga dari material kayu jati belanda. Hal ini karena kayu jenis ini mudah diolah serta dibentuk. Hasilnya pun akan terlihat cantik karena didukung oleh tampilan serat kayu.

Nah, berikut beberapa ide atau tips yang bisa kamu perhatikan saat ingin memanfaatkan kayu jati belanda sebagai furnitur rumah.

📌Cari Perajin Ahli

Jika kamu ingin melengkapi hunian dengan furnitur yang didominasi material kayu, kayu jati belanda adalah solusinya. Tampilan yang unik dan cerah memberikan kesan elegan dan mewah meskipun harga kayu jati belanda tidak terlalu mahal.

Agar bisa mendapatkan furnitur impian, carilah perajin ahli yang bisa mewujudkannya. Ada banyak perajin yang khusus mengolah kayu jati belanda. Dengan demikian, material berkualitas ini dapat disulap menjadi perabot yang tak kalah dengan furnitur bermerek.

📌Rancang Model Kreatif

Sebelum membuat furnitur dari kayu jati belanda, sebaiknya lakukan survei terlebih dahulu. Cari berbagai opsi model furnitur yang cantik dan sesuai dengan konsep rumah yang dimiliki. Bahkan, kamu pun dapat merancang model furnitur yang tidak biasa dan belum pernah dibuat. Inilah saatnya untuk mengembangkan kreativitas menciptakan produk.

Setelah itu, diskusikan keinginan tersebut kepada perajin yang akan mewujudkannya. Hal ini memastikan rancangan produk memungkinkan untuk dibuat. Jangan lupa untuk memastikan ukuran sesuai kebutuhan maupun tempat yang tersedia di rumah.

📌Tonjolkan Serat Kayu

Keunggulan kayu jati belanda terletak pada serat kayu yang halus dan terlihat cantik. Karena itu, kamu perlu menampilkan keunggulan tersebut secara maksimal agar hasilnya makin menarik.

Tips yang perlu diperhatikan adalah tidak perlu mengecat kayu jati belanda dengan warna apa pun. Pewarnaan akan menutupi keindahan serat kayu. Finishing yang diperlukan adalah menggunakan produk wood stain dan menghasilkan tampilan yang glossy. Langkah ini akan membuat produk furnitur lebih tahan lama.

📌Padukan dengan Material Lain

Untuk membuat penggunaan kayu jati belanda makin optimal, kamu bisa memadukannya dengan material lain. Material yang umum digunakan adalah besi. Besi dan kayu jati belanda menjadi paduan yang sangat ideal dan menghasilkan produk furnitur yang elegan.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan kesan mewah dengan penambahan kaca. Dengan menggunakan tiga jenis material ini, ada banyak sekali model furnitur yang bisa dikembangkan. Bahkan, kamu juga bisa berkreasi dengan berbagai bahan lain, seperti resin.

📌Model Minimalis Modern

Produk-produk yang cocok dibuat dari kayu jati belanda adalah produk yang bergaya minimalis modern. Jenis produk ini cocok ditempatkan di rumah bernuansa minimalis dan alami.

Sebagai contoh, kamu bisa memasang meja kayu jati belanda di ruang tamu. Ukurannya menyesuaikan dengan luas ruangan. Kursi dan berbagai perabot pelengkap juga bisa menggunakan material ini.

Kayu jati belanda juga sangat ideal dijadikan sebagai rak atau lemari minimalis. Bobotnya yang ringan memudahkan pemasangan. Kualitasnya pun tak perlu diragukan bahkan sangat tahan lama.

📌Tampilkan Kesan Alami di Rumah

Saatnya untuk menampilkan kesan alami di rumah dengan menggunakan perabot yang terbuat dari kayu jati belanda. Kesan ini akan membuat kamu lebih betah saat berada di rumah. Lengkapi dengan desain interior yang mendukung, misalnya dengan menyediakan ruang terbuka di dalam rumah, menambahkan tumbuhan hidup, dan sebagainya.

Dengan cara ini, kamu akan memiliki hunian yang menyenangkan dan bikin betah. Nah, bagi kamu yang baru mencari rumah tinggal ideal, segera cek berbagai pilihan yang tersedia di Mania Estate. Di sini ada banyak opsi hunian dari berbagai model dan tipe. Setelah itu, lengkapi rumah dengan furnitur dari kayu jati belanda.