Semakin hari, aksi kriminal sudah semakin tak terkendali. Pencurian dan perampokan rumah menjadi kian marak terjadi. Inilah mengapa kini kamera pengawas atau CCTV menjadi benda yang dibutuhkan di rumah. Jadi, kamu bisa lebih nyaman beraktivitas meski sedang tak berada di rumah.

Kecanggihan teknologi tentu saja membuat CCTV semakin dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Mulai dari bentuknya, sudut putarnya, hingga sistem pengendalinya. Sederhananya, semakin canggih dan lengkap fiturnya, tentu semakin mahal harganya.

Sayangnya, sebagian pengguna mengaku tidak tahu bagaimana cara pasang CCTV yang benar tanpa harus memanggil teknisi alias memasangnya secara mandiri. Sebenarnya, hal ini tidak sulit dilakukan, kamu hanya perlu membaca dengan benar petunjuk yang sudah tertulis dalam pembungkusnya.

Pentingnya CCTV di Rumah

6-1 toriolocom

Sumber : Toriolo

Mulanya, CCTV memang identik dengan pusat belanja, tempat umum, atau perkantoran. Kini, tak sedikit rumah yang telah menambahkan pengamanan ekstra dengan memasang CCTV. Terlebih di tengah kondisi kriminalitas yang semakin meningkat.

Bukan untuk menunjukkan kemewahan, berikut alasan mengapa memasang CCTV di rumah menjadi hal yang penting dilakukan:

👀 Alat Bukti Pelaporan Tindak Kejahatan

Saat melaporkan tindak kejahatan ke pihak berwenang, kamu biasanya akan ditanyai adanya bukti atau saksi yang melihat aksi tersebut. Bagaimana jadinya jika kamu sedang tidak ada di lokasi saat itu? Inilah peran CCTV yang utama, membantu memberikan bukti pelaporan tindak kriminal.

CCTV akan merekam setiap gerakan atau aktivitas di dalam maupun luar rumah. Bukti rekaman yang diberikan sudah pasti terjamin akurasinya.

👀 Membantu Menemukan Barang di Rumah

Pernah lupa meletakkan barang di rumah? Adanya CCTV bisa membantu kamu menemukan kembali benda tersebut. Kamu hanya perlu melihat kembali hasil rekaman, sesuaikan dengan waktu terakhir kali kamu mengingat posisi barang tersebut.

👀 Memantau Aktivitas Tamu

Tak hanya dari orang tak dikenal, aksi kejahatan juga bisa dilakukan bahkan dari orang-orang terdekat. Inilah alasan selanjutnya mengapa rumah perlu dilengkapi dengan CCTV. Jadi, kamu bisa memantau aktivitas para tamu yang berkunjung ke rumahmu.

👀 Memantau Aktivitas Anak

Tentunya, ada kekhawatiran tersendiri saat harus meninggalkan anak-anak di rumah dengan asisten sementara kamu bekerja. Nah, melalui CCTV, kamu tetap bisa memantau aktivitas anak-anak meski sedang tidak di rumah. Bahkan, anak tetap bisa terawasi saat sedang tidak berada bersamamu di rumah.

Cara Pasang CCTV Sendiri Tanpa Bantuan

6-0-spacestockcom

Sumber : Spacestock

Tak perlu memanggil jasa memasang CCTV, kamu bisa kok memasang perangkat ini sendiri di rumah. Peralatan yang perlu kamu siapkan seperti:

  • Palu.
  • Bor.
  • Tang penjepit dan potong.
  • Lakban berwarna hitam.
  • Obeng plus dan minus.
  • Kabel rol.
  • Tali tis.
  • Terminal kuningan yang memiliki 4 soket.
  • Steker.
  • Siku besi dua buah.
  • Kabel eterna yang panjangnya bisa disesuaikan dengan jarak DVR ke stop kontak.

Setelah semua peralatan tersedia, kamu bisa mengikuti langkah cara pasang CCTV sendiri berikut ini.

  • Pastikan kamu sudah menghitung jarak antara CCTV dan DVR sesuai dengan panjang kabel sehingga kabel yang kamu gunakan tidak kurang.
  • Kamu bisa meminta penjual untuk membantu mengetes fungsi kabel sehingga masalah seperti kabel tak berfungsi tidak terjadi.
  • Pastikan kamu sudah membeli DVR berikut CCTV nya sesuai dengan kebutuhan.
  • Sebelum kembali ke rumah untuk instalasi, kamu sebaiknya meminta bantuan pemasangan hard-disk untuk menyimpan data rekaman dan mengatur DVR agar tidak kerepotan. Terlebih jika kamu tidak bisa setting DVR sendiri.
  • Siapkan kabel untuk CCTV sepanjang kurang lebih 50 sentimeter, kemudian sambungkan kabel dengan konektor. Selanjutnya, hubungkan CCTV dengan DVR dan monitor. Jangan sampai lupa untuk melakukan pengecekan terhadap kualitas gambar sehingga kamu bisa mengetahui jika terjadi kerusakan pada CCTV.
  • Rapikan rangkaian kabel yang sudah digunakan agar panjangnya tetap cukup untuk menghubungkan CCTV dengan DVR.
  • Langkah terakhir cara pasang CCTV sendiri adalah menghubungkan DVR dengan monitor, lalu nyalakan perangkat tersebut. Apakah berfungsi dengan baik? Apakah gambar yang ditampilkan sudah jelas?

Ternyata, memasang CCTV sendiri tidak sulit, ya? Bahkan, cara pasang CCTV wifi bisa dikatakan lebih mudah lagi dibandingkan dengan cara pasang CCTV yang masih menggunakan kabel. Pasalnya, CCTV wifi sudah tidak lagi dilengkapi dengan kabel. Berikut langkahnya:

  • Pertama, ketahui nomor IP address pada kamera melalui DVR. Hubungkan dengan komputer atau ponselmu.
  • Lalu, sesuaikan alamat IP yang ada di komputer atau laptop dengan alamat IP pada kamera.
  • Jika memang memungkinkan, unduhlah perangkat untuk IP installer di kamera.
  • Kamu tinggal mengikuti langkah cara pasang CCTV wireless sendiri sesuai dengan buku panduan.
  • Lakukan pengecekan dengan mengakses browser dan atur menu keamanan. Masukkan nomor alamat IP tadi.
  • Jika sudah berhasil, kamu hanya tinggal melakukan pemasangan. Pastikan sudut rekam sudah tepat agar bisa merekam area yang luas. Terutama jika model CCTV yang kamu pilih tidak dilengkapi dengan fitur night vision. 

Apabila kamu mengalami masalah saat memasang CCTV sendiri, saatnya kamu menghubungi jasa pemasangan CCTV terdekat dengan lokasi rumahmu.

Tips Memilih CCTV

6-3 hanwhatechwincctvcom

Sumber : Hanwha Tech Win CCTV

Baru pertama ingin menaruh CCTV di rumah? Sebaiknya, mana tipe yang tepat? Saat memilih, mungkin kamu bisa mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

✔️ Sesuaikan dengan Anggaran yang Kamu Punya

Permintaan CCTV di pasaran semakin meningkat. Alhasil, ada banyak sekali produk CCTV yang bisa kamu temukan di pasaran. Salah satu pertimbangan yang perlu kamu perhatikan adalah harganya.

Pastinya, harga yang ditawarkan akan sebanding dengan fitur yang dimiliki perangkat CCTV tersebut. Misalnya, kejernihan atau kualitas hasil rekaman, chipset, hingga fitur koneksi atau akses melalui ponsel.

✔️ Perhatikan Posisinya saat Memasang

Tak hanya persoalan keamanan, masing-masing orang tentu punya alasan tersendiri saat memilih memasang CCTV di rumah. Jadi, pastikan kamu sudah menentukan letak CCTV yang tepat sehingga bisa menjangkau area rekam yang luas.

Tak boleh terlewat, kamu juga harus memastikan bahwa produk yang kamu beli sudah termasuk garansi. Umumnya, garansi yang diberikan sekitar satu sampai dua tahun.

Keamanan memang menjadi pertimbangan utama saat memilih rumah. Jika kamu membutuhkan rekomendasi rumah impian, kamu bisa langsung menghubungi Mania Estate. Kamu pun bisa menawarkan properti milikmu di sini. Hubungi segera untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.