Perencanaan yang baik dan matang dalam menyusun anggaran untuk membangun atau melakukan renovasi pada hunian pastinya menjadi hal yang penting. Kamu harus mengetahui dengan detail berapa harga bahan bangunan, mulai dari pasir, semen, batu bata atau hebel, cat, hingga asbes dan genteng.

Jika menggunakan jasa kontraktor atau tukang borongan, kamu memang hanya menerima hasilnya. Semua aktivitas pembangunan, mulai dari konsep, rancangan, pembelian material, hingga biaya tukang sudah diatur oleh pemborong.

Namun, mengetahui berapa harga material bangunan tentu akan membuat kamu mudah menentukan pilihan terbaik untuk rumah. Alhasil, kamu bisa menghitung sendiri berapa biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan. Kamu pun akan terhindar dari pemborosan anggaran.

Material Paling Penting yang Perlu Diketahui

10-1 nikifourcoid

Sumber : Niki Four

Membicarakan pembangunan rumah tentu tidak akan lepas dari material atau bahan bangunan. Berbeda kualitas, pasti harga yang ditawarkan pun tak akan sama. Meski mirip, selalu ada perbedaan yang bisa kamu cermati.

Inilah mengapa kamu sebaiknya mengetahui apa saja material bangunan yang paling penting, yaitu:

  • Batu bata. Memiliki ketahanan yang paling baik dibandingkan dengan bahan dinding lainnya. Mampu menyerap panas sehingga membuat rumah terasa sejuk. Harga yang ditawarkan tentu lebih tinggi.
  • Semen. Tersedia dalam berbagai merek dengan kualitas dan harga yang berbeda. Selain menjadi material perekat batu bata, semen juga digunakan untuk merekatkan keramik.
  • Pasir. Kualitas terbaik biasanya memiliki ciri butiran yang terasa tajam. Jika pasir mengepal saat digenggam, berarti kualitasnya kurang baik. Begitu pula dengan pasir yang mengandung lumpur lebih dari 5 persen.
  • Besi beton. Berfungsi untuk membentuk rangka konstruksi bangunan. Memiliki ukuran dan bentuk yang beragam.
  • Kayu. Jenisnya sangat beragam, tetapi kualitas terbaik diyakini berasal dari Kalimantan. Sebagai alternatif jika tidak menemukan kayu Kalimantan, kamu bisa memilih kayu dengan kandungan air kurang dari 20 persen.
  • Genteng. Tersedia pula dalam berbagai bentuk, warna, dan kualitas. Berfungsi sebagai penutup atap rumah dan pelindung bangunan dari matahari maupun hujan.
  • Pipa. Sangat dibutuhkan untuk keperluan sanitasi, pembuangan, hingga kelistrikan. Bahan sudah pasti beragam, mulai dari aluminium, besi, hingga PVC.
  • Cat. Material satu ini akan memberikan nuansa yang berbeda pada setiap rumah. Pilihan warnanya sangat beragam, bisa dipadukan untuk mendapatkan kombinasi yang sempurna dan disesuaikan dengan konsep rumah.
  • Keramik. Sudah pasti digunakan untuk lantai. Beberapa juga menggunakan untuk dinding (pada kamar mandi), dan area kitchen table. Memiliki motif, warna, dan ukuran yang bervariasi.
  • Pastikan semua material bangunan tersebut tersedia saat kamu membangun atau merenovasi rumah. Pasalnya, semuanya merupakan kesatuan dan memiliki fungsi yang saling melengkapi.

Harga Bahan Bangunan Terbaru

10-2 transrumahcom

Sumber : Trans Rumah

Ternyata, harga bahan bangunan terbaru tidak jauh berbeda dengan harga pada tahun sebelumnya. Harga bahan bangunan online mungkin sedikit lebih rendah, tetapi tidak terlalu terpaut jauh. Berikut daftarnya:

  • Semen. Kamu bisa mendapatkan satu sak semen merek Semen Padang dengan berat 40 kilogram sekitar Rp42 ribu. Sementara untuk Semen Holcim harganya mulai dari Rp44 ribu, Semen Tiga Roda Rp45 ribu, dan Semen Gresik Rp53 ribu.
  • Pipa PVC. Pilihan pipa PVC merek Wavin bisa kamu dapatkan mulai dari Rp35 ribu untuk ukuran 0,5 inci hingga Rp150 ribu untuk ukuran 4 inci.
  • Kayu. Kayu Meranti berukuran 2×3 memiliki harga Rp 7.500 per batang. Kayu kamper punya harga Rp8.500 setiap batang, sementara untuk kayu Borneo harganya Rp6.500 per batang
  • Besi beton. Harganya sangat variatif, mulai dari Rp25 ribuan.
  • Asbes. Bahan untuk atap rumah ini bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp45 ribu setiap lembarnya.
  • Cat. Material ini punya berbagai merek dan warna, serta ukuran. Merek Vinilex Super bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp130 ribuan dengan berat 5 kilogram. Sementara Aquaproof memiliki harga Rp180 ribuan untuk berat 4 kilogram.
  • Pasir. Pasir jenis beton punya harga Rp350 ribuan untuk setiap meter persegi. Sementara pasir mundu memiliki harga yang sama dengan pasir beton, dan pasir biasa bisa kamu beli seharga Rp300 ribuan.
  • Batu bata. Harga bahan bangunan ini terbilang cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp500 per buah.

Nah, setelah mengetahui harga-harga material bangunan tadi, kamu pasti menjadi lebih mudah dalam menghitung anggaran untuk melakukan pembangunan atau perbaikan rumah.

Tips Memilih Bahan Bangunan

10-3 kontraktorjogjacoid

Sumber : Kontraktor Jogja

Meski memiliki fungsi yang sama, tetap ada hal yang perlu kamu cermati saat memilih bahan bangunan, lho, seperti berikut ini.

✔ Memilih Semen

Saat memilih semen, hal penting yang perlu kamu ketahui adalah kualitasnya. Tipsnya sederhana, kalau kamu menekan semen tadi dan terasa sangat keras, artinya semen sudah disimpan terlalu lama dan kualitasnya sudah menurun.

Tips berikutnya adalah butirannya. Semen yang bagus memiliki butiran yang dapat diurai, lembut, dan tidak menggumpal. Kualitas semen dikatakan tidak baik apabila sudah terasa keras dan tampak serupa dengan batu kerikil.

✔ Memilih Pasir

Hati-hati saat memilih pasir untuk bangunan. Jika kandungan lumpurnya terlalu tinggi, kamu akan mengalami pemborosan pada penggunaan semen untuk merekatkan pasir saat digunakan untuk mengecor.

✔ Memilih Batu Bata

Batu bata merah dengan kualitas yang baik punya tekstur yang terbilang keras, ukurannya sedang, dan sudah tentu tidak mudah pecah. Cara mengujinya adalah mengetuk bagian permukaan batu. Jika suaranya nyaring, maka batu mempunyai kualitas yang terbilang baik.

✔ Memilih Kayu

Material kayu dikatakan punya kualitas bagus jika kandungan airnya tidak lebih dari 20 persen dan sudah mengalami proses oven. Kayu yang memiliki kriteria tersebut akan lebih tahan lama dan tidak mudah lapuk.

✔ Memilih Genteng

Genteng menjadi aspek penting yang melindungi rumah dari panas dan hujan. Genteng yang memiliki kualitas terbaik terbuat dari bahan keramik karena telah melalui proses pembakaran dengan suhu yang begitu tinggi.

Jangan sampai salah memilih bahan bangunan, ya, karena harga barang bangunan memang bisa dibilang tidak murah jika kamu harus memperbaiki rumah. Namun, jika kamu mencari hunian terbaik di lokasi strategis, akses mudah, fasilitas lengkap, dan tentunya sesuai dengan kebutuhan, kamu bisa akses ManiaEstate dan menemukan banyak rekomendasi di sana.

Bahkan, jika kamu punya properti yang ingin dijual, bisa kamu tawarkan juga kok melalui ManiaEstate! Yuk, hubungi sekarang!