Siapa yang tidak ingin memiliki rumah sendiri? Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan rumah secara mandiri, yaitu membeli secara tunai atau cicilan. Harga rumah yang tidak murah membuat sebagian orang tidak sanggup membayarnya secara tunai.

Oleh karena itu, membeli rumah dengan fasilitas KPR dianggap sebagai solusi yang terbaik. Nah, untuk menggunakan fasilitas tersebut, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Apa saja syarat KPR yang wajib kamu penuhi untuk membeli rumah?

Cara Mengajukan dan Syarat KPR

14-1 Intilandcom

Sumber : Inti Land

KPR merupakan salah satu opsi pendanaan rumah yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Opsi ini cukup membantu mereka yang ingin segera ingin memiliki rumah, tetapi anggaran yang tersedia belum memadai.

Saat ini, hampir semua bank menawarkan fasilitas KPR. Nah, bagi kamu yang ingin memanfaatkan fasilitas ini, ada sejumlah langkah yang harus kamu lakukan, yaitu:

1️⃣ Tentukan Rumah yang Akan Dibeli

Langkah pertama yang harus kamu lakukan saat akan membeli rumah melalui fasilitas KPR adalah menentukan rumah yang akan dibeli. Kamu bisa melakukan survei terlebih dahulu ke tempat-tempat yang dianggap strategis dan sesuai dengan kebutuhan.

Cara lain adalah berselancar di internet untuk menemukan rumah impian. Kamu juga bisa menghubungi pengembang perumahan yang biasanya menawarkan kavling rumah. Sebelumnya, kamu tentu harus menentukan tipe rumah yang memungkinkan untuk dibeli sekaligus harga yang masih bisa ditanggung sesuai pendapatan.

2️⃣ Bayar Booking Fee Rumah

Setelah menemukan rumah yang akan dibeli, langkah selanjutnya adalah melakukan kesepakatan dengan pemilik lahan atau rumah tersebut. Sebagai tanda perjanjian awal biasanya perlu dilakukan pembayaran booking fee. Booking fee menandakan bahwa kamu bersungguh-sungguh ingin membeli rumah tersebut.

3️⃣ Mengajukan KPR ke Bank

Setelah memastikan rumah yang akan dibeli dan membayar booking fee, langkah selanjutnya adalah mengajukan KPR ke bank. Hal pertama tentu memilih bank yang menyediakan fasilitas cicilan rumah. Ada berbagai faktor pertimbangan, misalnya besar bunga, besar uang muka, atau keuntungan lain yang ditawarkan.

Supaya lebih lancar, sebaiknya pilih bank yang telah bekerja sama dengan pihak pengembang. Dengan demikian, ketiga pihak yang akan saling terkait ini bisa melakukan kesepakatan dengan mudah.

Ada pun syarat KPR yang harus dipenuhi oleh calon pembeli rumah antara lain:

  1. KTP suami dan istri (apabila calon pembeli sudah menikah)
  2. Kartu Keluarga
  3. Keterangan penghasilan dari tempat bekerja atau slip gaji. Wiraswasta dapat menggunakan laporan keuangan.
  4. NPWP
  5. Salinan sertifikat tanah
  6. Salinan IMB

Secara umum, syarat KPR yang diminta oleh bank hampir sama, baik untuk syarat KPR rumah second maupun rumah baru.

Tips Saat Mengajukan KPR

14-2 maucashid

Sumber : Mau Cash

Ketersediaan fasilitas KPR adalah kesempatan bagi kamu yang ingin membeli rumah sendiri. Selain harus memenuhi syarat yang ditentukan, kamu juga perlu mengetahui sejumlah tips berikut ini agar proses pengajuan lebih lancar.

1️⃣ Hindari Jebakan Bunga Rendah

Saat mengajukan KPR di suatu bank, kamu pasti akan memperhatikan bunga yang ditawarkan. Bunga KPR yang rendah akan membuat cicilan yang harus dibayar pun lebih kecil.

Akan tetapi, jangan mudah tergoda penawaran bunga yang rendah jika belum memperhatikan syarat dan ketentuannya. Ada bunga KPR yang hanya berlaku selama 2 tahun pertama, selanjutnya bunga KPR bersifat fluktuatif. Pastikan skema yang ditawarkan masih sesuai dengan pendapatan kamu.

2️⃣ Sesuaikan dengan Besar Pendapatan

Seperti telah disebutkan, besar cicilan KPR harus sesuai dengan pendapatan yang diterima setiap bulan. Hal ini untuk mengurangi risiko gagal bayar karena kewajiban terlalu besar. Idealnya, besar cicilan adalah 30% dari jumlah pendapatan.

Bagi kamu yang berstatus sebagai karyawan, hal ini akan terdeteksi melalui slip gaji. Karena itu, syarat KPR rumah untuk karyawan salah satunya adalah slip gaji. Jika gaji yang diterima tidak mencukupi, besar kemungkinan pengajuan KPR akan ditolak.

3️⃣ Lakukan Survei Terlebih Dahulu

Melakukan survei sangat penting sebelum kamu memutuskan bank yang akan dipilih. Perhatikan apa saja syarat KPR rumah BCA atau syarat pengajuan KPR BRI. Biasanya, syarat yang harus dipenuhi hampir sama secara umum.

Selain syarat, bandingkan juga keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Sebagai contoh, bunga yang ditawarkan, jangka waktu cicilan yang diperbolehkan, dan kemudahan lainnya.

4️⃣ Pertimbangkan Rumah Bersubsidi

Kamu juga bisa mempertimbangkan rumah bersubsidi dari pemerintah. Cicilan KPR untuk tipe rumah ini jauh lebih rendah karena harganya pun lebih murah. Selain itu, bunga yang dikenakan lebih kecil. Syarat KPR rumah subsidi tidak berbeda dengan KPR rumah pada umumnya.

Sebaliknya, jangan lupa untuk mempertimbangkan kelemahan rumah bersubsidi, di antaranya lokasi yang kurang strategis. Selain itu, rumah bersubsidi juga biasanya tidak terlalu besar dan sulit didapat.

5️⃣ Kapan Harus Beli Rumah?

Apakah kamu ingin membeli rumah saat masih lajang? Cita-cita ini sangat baik karena kamu memiliki persiapan yang matang untuk masa depan. Namun, sering kali kendalanya adalah jumlah pendapatan yang belum sepadan dengan cicilan rumah KPR.

Nah, jika kamu sudah menikah, jumlah pendapatan bisa jadi bertambah. Namun, pengeluaran pun lebih banyak, apalagi jika telah memiliki anak. Karena itu, kamu perlu mempertimbangkan dengan baik, kapan saat yang tepat untuk membeli rumah.

6️⃣ Periksa Legalitas

Terakhir, periksa semua legalitas surat-menyurat yang diperlukan saat mengajukan KPR. Hal ini sangat perlu karena berkaitan dengan komitmen jangka panjang. Legalitas tersebut menyangkut sertifikat rumah maupun dokumen lainnya yang dipergunakan dalam proses pengajuan KPR tersebut.

Dengan mempersiapkan syarat KPR yang dibutuhkan dan memperhatikan sejumlah tips saat pengajuan KPR, proses membeli rumah dijamin akan lebih lancar.

Kamu pun bisa menerapkan langkah-langkah tersebut saat membeli rumah berdasarkan rekomendasi dari ManiaEstate. Di sini, ada penawaran berbagai model dan tipe rumah di lokasi-lokasi strategis. Selamat berburu rumah impian!