Tak melulu soal harga, banyak aspek lain yang harus kamu pertimbangkan saat hendak membeli sebuah rumah. Bukan tanpa alasan, rumah menjadi aset dan investasi jangka panjang, jadi pastikan kamu membelinya sesuai dengan kebutuhan dan pertimbangan yang matang.

Terbatasnya lahan di ibu kota membuat harga properti melambung tinggi. Alhasil, masyarakat pun mengincar area pinggiran alias penunjang untuk mencari rumah idaman. Rumah di BSD ternyata menjadi salah satu lokasi yang banyak dipilih oleh masyarakat ibu kota. Tak heran, BSD City memang termasuk ke dalam kawasan elite penunjang ibu kota yang kerap disebut sebagai wilayah yang paling mandiri di Indonesia.

Sebenarnya, Apa Saja Pertimbangan saat Hendak Membeli Rumah?

8-1 dekorumacom

Sumber : Dekoruma

Tak sedikit orang berkata, membeli rumah ibarat mencari jodoh. Kamu harus terus mencari sampai menemukan yang pas. Banyak sekali hal yang perlu kamu pertimbangkan, dan tentunya dipadukan dengan harapan untuk mendapatkan hunian yang sesuai dengan keinginan.

Lantas, apa saja sebenarnya pertimbangan saat hendak membeli sebuah rumah? Berikut beberapa di antaranya:

▶️ Berapa Anggaran yang Kamu Punya?

Mempersiapkan dana sebelum membeli rumah sangat penting, karena kamu bisa mengetahui berapa kemampuan finansial diri. Nantinya, kamu bisa mencari rumah terbaik yang sesuai dengan bujet tersebut.

Besarnya cicilan memang menjadi hal utama, tetapi kamu juga perlu memikirkan biaya lainnya, seperti pemeliharaan, pembelian perabotan, dan renovasi jika memang dibutuhkan.

▶️ Akses dan Lokasi Rumah

Dua hal ini juga tak boleh terlupa. Siapa saja pasti ingin memiliki hunian yang berada di lokasi yang strategis dengan akses yang begitu mudah. Namun, biasanya, harga yang ditawarkan juga tidak murah.

Solusinya, kamu bisa memilih salah satunya. Misalnya, lokasi rumah terbilang jauh dari ibu kota tetapi akses yang ditawarkan sangat menjanjikan. Ini akan membantu mengurangi biaya operasional saat kamu harus bekerja.

▶️ Fasilitas yang Ada di Sekitar Rumah

Sudah menemukan lokasi yang tepat? Lalu, apa saja fasilitas yang ditawarkan? Apakah dekat dengan sekolah, minimarket, sentra kesehatan, keuangan, banyak rumah makan, dan tak lupa tempat hiburan? Pasti sangat menyenangkan rasanya jika fasilitas rumah impian benar-benar mencakup semuanya.

Namun, tidak ada salahnya kok mencari yang paling mendekati. Setidaknya, ada beberapa fasilitas yang tersedia. Misalnya, tempat ibadah, sekolah, dan kesehatan.

▶️ Tengok Kondisi Lingkungan

Lingkungan sekitar rumah juga tak boleh kamu lupakan, lho. Ini akan menjadi penentu di kemudian hari. Pastikan saja rumah pilihan memiliki lingkungan yang positif, bebas banjir, dan terjamin keamanannya. Jadi, kamu akan lebih nyaman saat menghuni rumah tersebut.

▶️ Material yang Digunakan

Sebelum melakukan booking, pastikan kamu sudah mengetahui dengan benar apa saja material yang digunakan untuk membangun rumah tersebut. Misalnya, dinding dari bata merah tentu akan lebih awet dibandingkan dengan hebel atau batako.

Lalu, atap dengan rangka baja ringan sudah pasti lebih kuat daripada bahan kayu. Aspek ini akan menjadi penentu apakah kamu perlu mengeluarkan dana tambahan untuk renovasi nantinya.

▶️ Perkembangan di Masa Mendatang

Sudahkah kamu memiliki pemikiran jangka panjang sebelum membeli rumah? Apa yang kamu rencanakan untuk masa mendatang? Apakah area sekitar lokasi perumahan akan berkembang pesat? Apakah kamu akan menjual rumah tersebut dan berpindah tempat?

Sebaiknya, pikirkan pula hal-hal tersebut. Meski terdengar sepele, memiliki pemikiran jangka panjang akan membuat kamu punya rencana yang lebih matang untuk mempersiapkan banyak hal.

Alasan Rumah di BSD Banyak Dicari

8-2 adabarulandcom

Sumber : Ada Baru Land

Mungkin, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli rumah di BSD. Pasalnya, hunian di lokasi tersebut nyatanya cukup diminati. Mengapa?

▶️ Kemudahan Akses

Bisa dibilang, BSD adalah kota penopang Jakarta yang memiliki peran paling besar di antaranya kota pinggiran lainnya. Tak mengherankan jika kota satu ini punya akses yang sangat baik, memudahkan semua masyarakat untuk melakukan mobilitas.

Tak hanya ke ibu kota, kemudahan akses lain juga bisa kamu rasakan saat harus bepergian dengan pesawat. Belum lagi dengan pilihan moda transportasi umum yang begitu beragam.

▶️ Ditunjang dengan Beragam Fasilitas

Alasan lain mengapa rumah di BSD jadi idola adalah fasilitas penunjangnya yang sangat lengkap. Pendidikan, fasilitas keuangan, tempat ibadah, kesehatan, dan tak ketinggalan, pusat hiburan. Memiliki hunian di BSD dijamin tak akan membuat kamu jenuh dan bosan.

▶️ Lengkap dengan Layanan Teknologi Modern

Internet kini telah menjadi kebutuhan primer masyarakat sebagai penunjang aktivitas dan mobilitas. Sudah bisa dipastikan, kawasan ini tentu dilengkapi dengan layanan teknologi modern. Terbukti dengan banyaknya perusahaan penyedia layanan internet di kawasan ini.

Kondisi ini tentu saja memberikan keuntungan untuk kamu yang bekerja maupun beraktivitas dengan bergantung pada akses internet. Kekuatan jaringan sudah tidak perlu diragukan lagi pastinya, bebas lelet dan ngadat!

▶️ Ruang Terbuka Hijau untuk Refreshing

Penat dengan suasana ibu kota yang padat, sarat kemacetan, dan terkesan sumpek? Apa jadinya jika tempat tinggalmu tidak punya ruang terbuka hijau. Pasti akan terasa panas dan gersang.

Meski menjadi kawasan yang paling diincar sebagai sentra bisnis dan industri, BSD tetap menyediakan ruang terbuka hijau untuk tempat melepas penat dan refreshing. Area ini sangat populer untuk tempat melepas penat.

▶️ Harga Properti Masih Stabil

Dibandingkan dengan area lain di pinggir ibu kota, harga rumah di BSD City bisa disebut masih lebih stabil. Artinya, kamu bisa menjadikan rumah di BSD sebagai aset untuk jangka panjang.

Bahkan, harga properti yang ditawarkan di kawasan ini paling stabil dibandingkan dengan daerah penyokong Jakarta lainnya. Jangan khawatir, harganya tentu sudah setara dengan semua fasilitas dan kenyamanan yang ditawarkan.

Jauh dari ibu kota demi kehidupan yang lebih nyaman, kenapa tidak? Jadi, jangan ragu untuk membeli rumah di BSD ya! Banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan di sini, apalagi jika kamu mencari tempat tinggal yang menawarkan ketenangan.

Jika kamu membutuhkan bantuan dalam mencari hunian ideal di kawasan tersebut, kamu bisa menghubungi ManiaEstate. Mau beli, sewa, atau jual properti, ManiaEstate sudah pasti jadi tempat yang paling tepat.