Kanopi adalah langit-langit yang terbuat dari material terpal, kain, logam, dan sebagainya. Pada sebuah rumah, kanopi umumnya dipasang di bagian depan. Rumah yang memiliki kanopi akan terlihat lebih teduh karena sinar matahari tidak langsung menyengat area tersebut.

Ada bermacam-macam material yang umumnya digunakan untuk membuat kanopi, salah satunya material baja ringan. Kanopi baja ringan cukup diminati karena tahan lama dan harganya ekonomis. Selain itu, proses memasang kanopi juga mudah.

Kegunaan Kanopi

13-1 Coilgalvalumecom

Sumber : Coil Galvalume

Apa saja kegunaan kanopi pada rumah? Rumah seperti apa yang perlu menggunakan kanopi? Hal ini perlu kamu ketahui agar bisa menentukan apakah kamu perlu memasang kanopi atau membiarkan area depan rumah tidak tertutup.

1️⃣ Melindungi dari Hujan dan Panas

Bagian teras yang terbuka pasti akan terpapar hujan dan panas secara langsung. Perabot atau benda yang berada di area ini bisa mudah rusak karena tidak terlindungi. Saat hujan, air yang jatuh ke tanah pun bisa memercik ke bagian teras atau ruang tamu dan membuatnya lebih kotor.

Dengan kanopi, bagian teras akan aman dan bebas dari kerusakan akibat hujan dan panas. Kamu pun bisa memanfaatkannya untuk menyimpan barang atau melakukan kegiatan.

2️⃣ Melengkapi Desain Eksterior

Kamu juga bisa membuat kanopi untuk membuat desain eksterior rumah lebih menarik dipandang. Ada bermacam-macam model kanopi, mulai dari yang minimalis hingga terkesan mewah. Untuk pemilihannya, kamu bisa menyesuaikan dengan fasad rumah secara keseluruhan.

3️⃣ Sebagai Garasi Sementara

Kamu bisa memanfaatkan area depan rumah sebagai garasi kendaraan. Agar lebih aman, pasang kanopi di bagian atas. Kanopi akan melindungi kendaraan dari panas matahari dan guyuran air hujan. Meskipun tidak seaman garasi yang tertutup, opsi ini bisa kamu gunakan untuk sementara.

4️⃣ Tempat Bersantai yang Aman

Manfaatkan area depan rumah yang terlindungi kanopi untuk menjadi tempat bersantai. Area outdoor ini akan tentu lebih nyaman karena sirkulasi udara dan cahaya lebih lancar. Kamu hanya perlu menambahkan tempat duduk yang sesuai. Aktivitas bersama anak pun akan lebih aman dilakukan di area yang terlindungi kanopi.

Model Kanopi Baja Ringan

13-2 dekorumacom

Sumber : Dekoruma

Model kanopi dari baja ringan bisa dibuat lebih bervariasi. Tujuannya untuk membuat tampilan depan rumah lebih artistik. Fungsi kanopi bukan hanya sebagai penutup, tetapi juga bisa menjadi elemen dekoratif pada hunian. Nah, apa saja model kanopi baja ringan yang mungkin diwujudkan?

1️⃣ Kanopi Baja Ringan Tanpa Tiang

Kanopi biasanya disangga oleh sejumlah tiang. Namun, kamu juga bisa merancang kanopi baja ringan tanpa tiang. Model kanopi yang satu ini lebih terlihat minimalis dan modern. Untuk memasang kanopi ini, kamu harus mempertimbangkan kekuatannya dari segala sisi supaya tidak mudah roboh.

2️⃣ Kanopi Spandek Transparan

Model kanopi yang cocok diterapkan pada hunian modern adalah kanopi berbahan spandek transparan. Kanopi model ini sangat efektif dari segi sirkulasi cahaya. Cahaya matahari bisa memberikan penerangan, tetapi tidak menyengat dan mengganggu. Contoh kanopi baja ringan atap spandek bisa dilihat di rumah-rumah modern minimalis.

3️⃣ Kanopi Baja Ringan Melengkung

Ingin agar kanopi tidak terlihat kaku dan membosankan? Kamu bisa memesan kanopi baja ringan melengkung. Contoh kanopi baja ringan yang fleksibel ini bisa digunakan pada halaman belakang, terutama rumah bergaya classic american. Supaya bisa melengkung, bahan kanopi baja ringan bisa dipadukan dengan terpal atau kain.

4️⃣ Kanopi Minimalis Area Samping

Bukan hanya di bagian depan atau belakang rumah, kanopi juga bisa dipasang di bagian samping rumah. Jenis kanopi ini bertujuan untuk memperoleh perlindungan dari terpaan air hujan, sekaligus memungkinkan sinar matahari tetap masuk. Usahakan bahan kanopi terbuat dari material tembus pandang yang disangga dengan baja ringan.

Jadi, inilah beberapa model kanopi baja ringan yang bisa dipasang di luar rumah, baik depan, samping maupun belakang rumah.

Kelebihan Kanopi Baja Ringan

13-3 seosatucom

Sumber : SEO Satu

Apakah kamu berencana untuk memasang kanopi baja ringan di teras rumah? Daripada material lain, material baja ringan memiliki sejumlah kelebihan. Kelebihan kanopi baja ringan antara lain sebagai berikut:

1️⃣ Tahan Cuaca Ekstrem

Berbeda dengan material lain, misalnya kayu, kanopi yang terbuat dari baja ringan atau disebut juga galvalum, sangat tahan lama. Material ini tidak cepat rusak karena cuaca ekstrem, baik panas maupun dingin. Baja ringan juga tidak bisa lapuk atau dimakan rayap. Bahkan, material ini antikarat sehingga bisa digunakan dalam jangka panjang.

2️⃣ Ramah Lingkungan

Dibandingkan bahan lainnya, baja ringan terbilang ramah lingkungan sehingga bisa menggantikan material kayu untuk kanopi. Untuk memasang kanopi, baja ringan dapat dipotong secara sesuai sehingga tidak ada bahan yang terbuang. Saat proses membuat kanopi baja ringan, kamu tidak perlu khawatir dengan sampah atau sisa potongan.

3️⃣ Model Bisa Bervariasi

Menariknya, kanopi baja ringan bisa dibuat dengan model bervariasi. Kamu bisa memadukannya dengan bahan-bahan lain yang cocok. Model kanopi yang tidak biasa akan membuat desain rumah lebih sempurna. Pastikan kamu juga menggunakan bahan yang sesuai dengan tema desain rumah tersebut.

4️⃣ Harga Lebih Terjangkau

Salah satu keunggulan kanopi baja ringan adalah dibanderol dengan harga yang terjangkau. Ini dapat menjadi opsi yang paling masuk akal bagi kamu yang ingin memasang kanopi, tetapi bujet yang terbatas.

Nah, untuk memasang kanopi baja ringan, ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan. Pertama, hitung luas lahan yang ingin dipasang dengan kanopi. Kedua, hitung jumlah bahan yang juga akan digunakan beserta harganya. Proses selanjutnya adalah memasang kanopi sesuai model dan ukuran yang dibutuhkan.

Langkah-langkah ini bisa kamu terapkan saat memasang kanopi baja ringan pada rumah. Nah, jika kamu belum memiliki hunian sendiri, pilih terlebih dahulu rumah impianmu di ManiaEstate. Ada banyak tipe rumah yang tersedia di sini. Saatnya mewujudkan impian memiliki hunian yang nyaman bersama keluarga.