Ketika membangun rumah baru, kamar mandi mungkin akan menjadi prioritas ke sekian yang kamu perhatikan. Padahal, dengan aktivitas yang cukup tinggi, kamar mandi merupakan salah satu ruangan vital di rumah. Karena itu, kamu juga perlu mempertimbangkan banyak hal saat membuat kamar mandi, mulai dari mencari konsep sampai memilih keramik kamar mandi yang sesuai.

Lantai keramik kamar mandi sendiri tersedia dalam banyak pilihan warna, corak, dan merek. Alih-alih sekadar memilih keramik kamar mandi murah, kamu juga harus memperhatikan daya tahan dan kesesuaian dengan desainnya. Selengkapnya, simak dalam ulasan berikut ini!

Jenis-Jenis Keramik yang Cocok Diaplikasikan di Kamar Mandi

4-1 centroceramiccom

Sumber : Centro Ceramic

Kamu mungkin sudah punya incaran keramik kamar mandi elegan yang ingin diaplikasikan. Namun ingat, memilih keramik untuk kamar mandi bukan sekadar untuk memperoleh nilai estetika semata. Keramik harus cukup kuat dan kesat agar tidak menyebabkan anggota keluargamu terpeleset.

Karena itulah, kebanyakan orang memilih menggunakan keramik bertekstur atau anti-slip karena dianggap lebih aman. Simak rekomendasi keramik-keramik yang cocok menjadi penutup lantai kamar mandi berikut ini!

1. Keramik Batu Alam yang Terlihat Natural

Keramik kamar mandi motif batu merupakan opsi pertama yang sebaiknya kamu pertimbangkan. Selain memiliki tampilan alami yang cantik, permukaan batu alam cenderung kesat dan tidak rata. Sekalipun terkena air atau sabun, keramik dari bahan batu alam cenderung tidak licin. Perawatannya juga lebih mudah dibanding bahan lainnya.

Kelebihan lainnya dari keramik batu alam adalah bisa diterapkan pada berbagai gaya kamar mandi. Kamu bisa menggunakannya sebagai keramik kamar mandi sederhana atau kamar mandi yang desainnya mewah sekalipun.

2. Keramik Tegel Bertekstur

Model keramik kamar mandi yang juga banyak digunakan di Indonesia adalah keramik tegel dengan tekstur pada permukaannya. Kalau kamu membeli tegel dengan tekstur geometris, maka saat diraba, kamu bisa merasakannya di telapak tangan. Tekstur inilah yang membuat keramik tegel otentik cocok diaplikasikan pada kamar mandi karena tidak licin.

Tidak hanya berdasarkan corak, kamu juga bisa memilih tegel dengan warna-warna tertentu yang kamu sukai. Harga keramik kamar mandi jenis tegel ukuran 20 cm x 20 cm dihargai kurang lebih Rp230.000-Rp320.000 per meter persegi.

3. Keramik Bentuk Heksagonal

Kalau kamu sedang mencari keramik kamar mandi minimalis modern, keramik dengan bentuk heksagonal ini merupakan opsi yang menarik. Tidak seperti keramik biasa yang berbentuk persegi empat, keramik heksagonal memiliki enam sudut yang jika disusun bentuknya akan menyerupai sarang lebah.

Selain terlihat artistik, keramik heksagonal memiliki lebih banyak sambungan yang membuat sifat kesatnya bertambah. Agar makin menarik, padukan dua warna keramik yang kontras untuk kamar mandi di rumahmu.

4. Keramik Koral

Kalau kamu pernah menemukan lantai keramik dengan corak seperti batu kerikil yang disusun, itulah keramik koral. Seperti jenis keramik tegel, koral juga memiliki permukaan yang kesat dan anti-slip. Desainnya yang cantik dan terlihat natural akan membuat suasana di kamar mandi kamu makin menarik dan nyaman. Keramik koral umumnya dijual dengan pilihan warna yang cerah sehingga akan membuat kamar mandi terkesan terang dan bersih.

5. Keramik Stamford

Ingin suasana kamar mandi yang lebih ceria, artistic, sekaligus Instagramable? Kamu bisa memilih kamar mandi bercorak Stamford. Keramik ini umumnya memiliki banyak corak pada setiap blok dan warna unik yang akan membuat kamar mandi di rumahmu jadi terlihat berbeda.

Karena kelebihannya ini, keramik Stamford kerap dijadikan sebagai dekorasi. Kalau kamu ingin memberikan sentuhan vintage pada kamar mandi, keramik Stamford adalah opsi terbaik.

Tips Memilih Keramik untuk Kamar Mandi

4-2 gridideaid

Sumber : Grid Idea

Kamar mandi pada dasarnya bukan sekadar tempat untuk membersihkan diri. Kamu juga bisa memanfaatkannya sebagai tempat untuk relaksasi setelah beraktivitas seharian. Selain dengan memasang berbagai perlengkapan seperti bathtub dan shower, pemilihan lantai kamar mandi juga harus dilakukan dengan penuh pertimbangan. Simak tipsnya berikut ini!

1. Sesuaikan Ukuran Keramik Kamar Mandi dengan Luasnya

Keramik yang dijual di pasaran memiliki beragam ukuran. Ada yang besar dan ada juga yang kecil. Kalau kamar mandi di rumah kamu cukup luas, manfaatkan keramik berukuran kecil sebagai aksen untuk tujuan dekoratif saja. Sebaliknya, kamar mandi yang kecil sebaiknya tidak dipasangi keramik yang ukurannya terlalu besar karena akan banyak potongan keramik terbuang.

2. Cari Material yang Tidak Susah Dibersihkan

Karena memiliki kelembapan tinggi, keramik kamar mandi sangat mudah kotor dan ditumbuhi lumut. Karena itu, kamu harus selalu memperhatikan kebersihannya. Bukan hanya agar kamar mandi tetap terlihat cantik, tetapi juga agar lantainya tidak licin. Temukan material keramik yang perawatannya tidak sulit. Kalau perlu, temukan jenis keramik yang antigores dan warnanya tidak mudah pudar.

3. Sesuaikan Gaya dan Corak Keramik dengan Desain Kamar Mandi

Sebuah rumah umumnya menerapkan konsep atau gaya yang sama untuk semua ruangannya, termasuk kamar mandi. Agar tidak bertabrakan dengan konsep yang sudah ada, pastikan kamu tidak salah memilih gaya dan corak lantai kamar mandi.

Kamar mandi yang didesain dengan sentuhan minimalis sebaiknya tidak menggunakan keramik bercorak yang terlalu ramai. Selain itu, pemilihan warna juga harus dilakukan sesuai dengan intensitas cahaya matahari yang masuk ke dalam kamar mandi. Kalau kamar mandi kamu minim cahaya, sebaiknya pilih keramik dengan warna terang agar suasana lebih terasa cerah.

4. Hindari Memasang Keramik yang Licin

Sebelum mempertimbangkan nilai estetika, pastikan kamu memikirkan keamanan seluruh anggota keluarga saat memilih material untuk lantai kamar mandi. Sebagus dan semewah apa pun keramik yang kamu sukai, jika teksturnya licin, maka sebaiknya tidak diaplikasikan ke kamar mandi. Hindari menggunakan material dengan permukaan glossy untuk lantai kamar mandi karena berisiko membuat siapa pun terpeleset.

Itu dia jenis-jenis serta tips memilih keramik kamar mandi. Butuh informasi lain terkait hunian termasuk jual beli rumah? Temukan semuanya di ManiaEstate.