Selain soal desain, kamu juga akan dihadapkan pada proses pemilihan material saat membangun rumah; salah satunya adalah bahan penutup lantai. Di antara sekian banyak opsi, ada lantai vinyl yang penggunaannya cukup populer. Salah satu brand yang terkenal adalah vinyl lantai Taco.

Tidak seperti bahan penutup lantai lainnya seperti keramik maupun marmer, ukuran lantai vinyl cenderung lebih bervariasi. Kamu dapat menemukan lantai vinyl roll dengan berbagai tingkat ketebalan. Kamu juga bisa memilih harga vinyl lantai per meter atau harga vinyl lantai per box sesuai dengan kebutuhan.

Apa Itu Lantai Vinyl?

2-1 rumahcom

Sumber : Rumah

Lantai vinyl merupakan material pelapis lantai yang dibuat dengan menggunakan bahan PVC atau Polyvinyl Chloride. Lantai ini tersedia dalam berbagai pilihan warna dan corak sehingga sangat cocok untuk mempercantik ruangan kamu. Bagi keluarga yang memiliki anak kecil, keberadaan lantai berlapis vinyl akan menciptakan kesan nyaman dan menarik.

Tekstur permukaannya yang halus dan proses pemasangannya yang cenderung mudah membuat banyak orang menjatuhkan pilihan pada lantai vinyl. Kamu bisa memilih lantai vinyl dengan corak kayu, ubin, keramik, dan lain sebagainya. Jangan lupa sesuaikan dengan gaya interior rumah agar hasilnya makin maksimal.

Jenis-jenis Lantai Vinyl

2-2 balianflooringid

Sumber : Balian Flooring

Dengan harga yang cukup terjangkau dan pilihan yang banyak, lantai vinyl bisa menjadi opsi material penutup lantai untuk berbagai bangunan termasuk rumah. Jika dilihat dari cara pemasangannya, lantai vinyl terbagi menjadi empat macam, yakni:

1. Vinyl Plank

Dijual dalam bentuk persegi panjang dengan ketebalan antara 2 sampai 3 mm, vinyl plank merupakan jenis vinyl yang paling laris di pasaran. Memiliki tampilan seperti panel kayu sungguhan, jenis ini dibuat dari polycarbonate. Jenis permukaannya ada yang embossed dan non-embossed.

Jika ingin yang anti-slip, kamu bisa menggunakan jenis embossed yang memiliki tekstur seperti serat kayu asli. Namun, jika menghendaki tampilan akhir yang terlihat licin dan mudah dibersihkan, kamu dapat memilih jenis non-embossed.

2. Vinyl Roll

Tersedia dalam ukuran 2 x 25 m dengan ketebalan bervariasi antara 0,5 sampai 2,2 mm, vinyl roll dijual dalam bentuk gulungan besar. Karena lebar, proses pemasangannya juga lebih sulit. Namun, kamu dapat menggulungnya tanpa harus khawatir permukaannya akan pecah karena jumlah sambungannya lebih sedikit.

3. Vinyl Tile

Mirip dengan keramik, vinyl tile bisa kamu temukan di pasaran dengan bentuk persegi. Ukurannya berkisar antara 30-50 cm, sementara tingkat ketebalannya bervariasi antara 1,5 mm sampai 3 mm. Dengan harga yang lebih murah, lantai vinyl tile cocok jadi pengganti keramik.

4. Vinyl Click

Dengan mekanisme penguncian di setiap lembarannya, vinyl click merupakan jenis lantai vinyl yang tidak memerlukan lem saat memasangnya. Karena tidak ada sambungan yang terlihat, hasil pemasangannya juga jauh lebih rapi. Vinyl click dijual dalam bentuk lembaran persegi panjang. Ketebalannya kurang lebih 5 mm.

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl

2-3 rumahcom

Sumber : Rumah

Seperti halnya material penutup lantai lainnya, bahan vinyl memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dan kekurangan ini sebaiknya betul-betul dipertimbangkan sebelum kamu memilih vinyl sebagai bahan untuk flooring. Adapun kelebihan vinyl antara lain adalah:

  • Harganya terjangkau. Dibandingkan material penutup lantai lainnya, vinyl tergolong lebih murah dibanding lantai parket maupun kayu. Kamu bisa mendapatkan tampilan yang mirip dengan mengeluarkan biaya yang lebih sedikit.
  • Mudah dibersihkan. Karena tidak punya serat seperti bahan kayu dan parket, lantai vinyl tidak menyerap kotoran yang tumpah ke atasnya. Kamu tinggal mengepel atau mengelap saja bagian yang terkena tumpahan makanan atau minuman.
  • Tahan goresan. Beberapa jenis lantai vinyl seperti SPC dilengkapi dengan lapisan anti gores. Ini membuatnya tidak mudah rusak meski digunakan dalam waktu lama.
  • Proses pemasangan mudah. Lantai vinyl sangat mudah diaplikasikan. Bahkan tenaga amatir sekalipun bisa melihat tutorial cara pemasangan lantai vinyl dan mencobanya sendiri.

Selain beragam kelebihan di atas, lantai vinyl juga memiliki sejumlah kekurangan seperti:

  • Kandungan VOC-nya masih cukup tinggi. Karena dibuat dengan bahan sintetis, lantai vinyl masih mengandung VOC atau Volatile Organic Compounds yang tinggi. Zat ini bisa berbahaya untuk kesehatan jika dilepaskan ke udara. Untuk mengantisipasinya, pastikan rumah kamu memiliki sirkulasi udara yang mewah.
  • Tetap kurang mewah dibandingkan kayu solid dan parket premium. Meski memiliki beragam motif yang sangat mirip dengan kayu asli, lantai dari bahan vinyl tetap tidak bisa menyamai kemewahan material kayu asli. Ini karena tekstur alami tidak dimiliki oleh lantai berbahan vinyl.
  • Tidak cocok untuk aplikasi outdoor. Kalau kamu berpikir untuk menggunakan bahan vinyl untuk area luar ruangan, ada baiknya pertimbangkan baik-baik sebelumnya. Sinar matahari dan hujan terus-menerus akan membuatnya cepat rusak dan pudar.
  • Mudah mengelupas. Jika kamu menggunakan lantai vinyl yang dipasang menggunakan lem, risiko lepas sangat tinggi, terutama jika terkena air terlalu sering. Untuk menghindari kerusakan semacam ini, hindari membuat lantai menjadi basah termasuk menggunakan kain pel terlalu sering. Kalau ada noda yang sulit dihilangkan, gunakan lap kecil untuk membersihkan area yang kotor saja.

Tips Memilih Lantai Vinyl untuk Hunian Kamu

2-4 my-best-id

Sumber : My Best

Sebelum membeli jenis lantai vinyl untuk rumah, perhatikan beberapa hal penting berikut ini agar tidak salah pilih!

  • Ketebalan. Karena masing-masing produk memiliki tingkat ketebalan yang berbeda, kamu harus memerhatikan dengan cermat. Lantai vinyl yang tebal memang lebih kaku dan berat, tetapi biasanya lebih awet digunakan.
  • Sesuaikan dengan interior rumah. Pilihlah tekstur, corak, dan warna lantai vynil yang paling sesuai dengan desain rumah kamu. Jika ruangan kamu sempit, gunakan warna yang lebih gelap. Sementara itu, untuk menampilkan kesan minimalis, pilihlah lantai vinyl yang warnanya lebih cerah.
  • Fitur tambahan. Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis lantai vinyl tahan gores. Untuk area-area tertentu yang banyak perabotannya atau berpotensi untuk sering digunakan untuk aktivitas, pilihlah material dengan fitur anti gores agar lebih awet.

Dengan beberapa tips di atas, kamu bisa memilih lantai vinyl yang paling sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa cocokkan juga dengan dana yang tersedia agar tidak over-budget, ya! Cari tahu informasi dan tips lain seputar rumah dan hunian hanya di ManiaEstate.