Salah satu aspek yang memengaruhi tampilan rumah adalah warna cat. Tidak hanya bagian dalam, cat untuk luar atau bagian eksterior rumah pun perlu diperhatikan warnanya. Misalnya, rumah kamu mengusung konsep minimalis. Tentu saja, kamu harus mempertimbangkan pilihan warna cat rumah minimalis.

Akan tetapi, tak jarang ditemui pemilik rumah yang kurang tepat dalam memilih warna cat. Padahal, jika dipilih dengan benar, warna cat rumah minimalis bagian luar maupun dalam bisa menampilkan kesan elegan dan modern. Pastinya, ini akan meningkatkan harga saat kamu memutuskan untuk menjualnya.

Tips Memilih Cat Rumah Minimalis

9-1 Liputan6com

Sumber : Liputan 6

Kamu perlu tahu bahwa cat untuk bagian luar dan interior atau bagian dalam sebuah rumah itu berbeda. Ini artinya, kamu tidak boleh sembarangan memilih warnanya. Salah memilih, tampilan rumah justru akan kehilangan sisi elegan dan konsep awalnya.

Supaya tidak salah pilih warna cat untuk bagian dalam rumah, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

  • Pilih warna cat yang serupa dengan perabotan. Warna cat bagian dalam sebaiknya sesuai dengan warna perabotan. Kamu bisa menggunakan warna berbeda pada setiap ruang karena perabotan di dalamnya pun berbeda.
  • Tetapkan tujuan mengecat. Warna cat tertentu bisa menampilkan kesan luas pada ruangan, misalnya warna pastel atau cerah. Sementara untuk ruangan besar, cat berwarna gelap akan menambah kesan hangat.
  • Tentukan suasana ruangan. Selain memberikan kesan luas dan hangat pada ruang, warna cat rumah minimalis juga bisa mencerminkan suasana pada ruangan. Pilih warna terang jika ingin menonjolkan kesan santai. Sementara itu, warna cerah bisa membuat ruangan terasa lebih berenergi.

Sementara itu, warna cat rumah minimalis bagian luar bisa kamu tentukan dengan mempertimbangkan tips berikut ini.

  • Pertimbangkan suasana lingkungan. Letak rumah bisa menjadi pertimbangan memilih cat untuk bagian luar. Perhatikan, apakah rumah berada pada lokasi yang panas, cenderung lembap, atau kondisi ekstrem. Kamu juga bisa melihat warna cat rumah lain untuk rekomendasi.
  • Kombinasikan dengan warna pada atap. Dinding luar rumah dan atap bisa menjadi komponen yang saling melengkapi. Kamu bisa mengombinasikan warna atap dengan warna cat pilihan untuk eksterior.
  • Pilih warna cat memakai color wheel. Setiap merek cat rumah pasti memiliki perbedaan meski warnanya sekilas terlihat sama. Sebagai bahan pertimbangan, kamu bisa pakai color wheel dari semua merek untuk mendapatkan warna yang pas.

Warna cat sebuah rumah bisa mencerminkan banyak hal tentang pemiliknya. Misalnya, warna-warna cerah pada rumah akan menampilkan keramahan dan keceriaan, sementara warna redup akan menonjolkan kesan hangat.

Pilihan Warna Cat Rumah Minimalis

9-2 perawatanbangunancom

Sumber : Perawatan Bangunan

Merasa bosan dengan warna cat rumah yang begitu saja selama bertahun-tahun? Atau ingin menampilkan kesan baru pada rumah? Pilihan cat rumah minimalis berikut ini mungkin bisa jadi inspirasi untuk rumah kesayangan:

  • Biru pastel. Jika ingin tampilan rumah lebih kalem dan lembut, warna ini cocok untuk bagian dalam. Aplikasikan pada ruang keluarga dan kamar tidur untuk kesan ruangan lebih nyaman.
  • Coral. Warna satu ini erat dengan kesan ceria di dalam rumah dan menonjolkan aksen keramahan pemiliknya. Tak hanya bagian interior, warna coral juga cocok digunakan untuk bagian eksterior rumah.
  • Ivory. Kombinasi antara warna coklat muda dan putih, pilihan warna yang membuat ruangan menjadi lebih sejuk. Terlebih jika kamu memadukannya dengan furniture berbahan batuan alam atau kayu.
  • Putih. Hampir semua rumah menggunakan warna cat satu ini. Memang, kesan minimalis sungguh kentara jika menggunakan cat berwarna putih. Supaya tidak jenuh dengan warna monoton putih, kamu bisa menggunakan warna pastel yang kalem pada perabot ruangan.
  • Merah muda pastel. Cantik, ceria, dan kalem. Tiga kesan ini akan tampil saling melengkapi saat kamu memilih warna pink pastel untuk cat rumah minimalis. Tambahkan interior bernuansa modern dan elegan untuk menyempurnakan kenyamanan ruangan.
  • Mustard. Warna satu ini akan memberikan kesan rileks dan membantu kamu mendapatkan suasana hati lebih positif. Kamu bisa menggunakan warna ini untuk berbagai ruangan, termasuk kamar tidur, ruang keluarga, dapur, kamar mandi, hingga dinding luar.
  • Hijau mint. Jika ingin mengusir suasana sumpek di ruangan dan ingin menonjolkan nuansa segar, kamu bisa memilih warna hijau mint. Warna ini tidak akan terlalu mencolok dan semakin elegan dengan kombinasi warna putih, abu, dan kuning pada perabotan di dalamnya.
  • Oranye. Pemilihan warna oranye untuk dinding interior rumah akan menonjolkan kesan hidup dan menyenangkan. Warna ini sangat pas jika dipadukan dengan abu tua dan putih.
  • Kopi susu. Kopi ternyata tak hanya memanjakan lidah, warna coklat kopi susu yang kalem ternyata sangat pas diaplikasikan untuk dinding rumah minimalis. Interior dengan warna coklat tua, abu muda atau memiliki aksen kayu akan membuat kombinasinya makin sempurna.
  • Tosca. Mau biru atau hijau, pilihan warna tosca memang erat dengan kesan sejuk dan kalem. Kamu bisa menggunakan dua warna tersebut pada eksterior rumah. Lebih baik lagi kalau kamu menambahkan halaman kecil di depan rumah untuk menampilkan kesan natural pada hunian.
  • Peach. Warna peach pernah menjadi pilihan favorit pada tahun 1980an. Warna ini memang banyak diterapkan pada bagian luar rumah, memberikan kesan menyenangkan dan ketenangan. Paduan dengan warna hijau, putih, dan abu akan membuat kesan rumah minimalis semakin kentara.

Banyak sekali, ya, pilihan cat rumah minimalis yang bisa kamu coba! Bahkan, kamu pun bisa memadukan konsep hunian minimalis bergaya vintage atau natural dengan memainkan warna-warna cat. Pilihan warna yang berbeda pada ruangan akan membuat rumah punya banyak cerita.

Nah, apabila kamu membutuhkan rekomendasi hunian dengan beragam tipe, kamu bisa akses ManiaEstate untuk menemukan banyak pilihan. ManiaEstate juga menjadi tempat terbaik untuk penjualan properti. Ingin punya rumah idaman dan jadi kenyataan? Percayakan solusinya hanya di ManiaEstate.

Jadi, mana cat rumah minimalis yang jadi pilihan favoritmu?