Rooftop merupakan sebuah tempat datar di bagian paling atas sebuah bangunan. Bukan hanya gedung-gedung tinggi, rumah hunian pun bisa memiliki rooftop. Area ini dapat disulap menjadi tempat bersantai seperti teras rumah. Rooftop rumah merupakan solusi untuk atas keterbatasan lahan di perkotaan.

Untuk membuat rooftop makin fungsional dan nyaman sebagai tempat beraktivitas, kamu perlu menatanya dengan baik. Meskipun ukurannya kecil, jika didesain dengan tepat, hasil pasti akan menjadi lebih optimal. Karena itu, ketahui apa saja yang bisa dilakukan untuk mengubah tampilan rooftop agar bikin betah.

Manfaat Rooftop

11-1 rumah123com

Sumber : Rumah 123

Apa saja manfaat yang bisa kamu nikmati dengan keberadaan rooftop di sebuah bangunan rumah? Sebagian orang menggunakan area ekstra ini sebagai tempat menjemur. Di tempat tinggi seperti ini, sinar matahari dapat menjangkau seluruh bagian sehingga jemuran akan cepat kering.

Akan tetapi, fungsi rooftop bukan sekadar sebagai tempat jemuran. Kamu bisa mengubahnya untuk menjadi tempat aktivitas lain. Fungsi rooftop lainnya antara lain sebagai berikut:

🔘 Area Makan Outdoor

Bosan makan di dalam ruangan? Kamu bisa pindah ke rooftop. Area ini bisa kamu jadikan sebagai tempat makan alternatif sehingga momen bersantap menjadi lebih menyenangkan.

Jika memungkinkan, kamu bisa meletakkan set meja makan sederhana di area ini. Namun, apabila sulit untuk dilakukan karena akses yang terbatas, kamu bisa sekadar mempersiapkan tempat lesehan. Sambil bersantap, kamu pun bisa menikmati pemandangan yang tidak biasa.

🔘 Area Pesta BBQ

Banyak orang menggunakan rooftop sebagai tempat untuk bersenang-senang. Salah satunya, mengadakan pesta BBQ yang seru. Keunggulan rooftop adalah merupakan ruang terbuka sehingga sirkulasi udara lebih bebas. Selain itu, kamu bisa lebih leluasa karena lokasinya lebih tinggi dari pemukiman warga sekitar.

Untuk pesta BBQ, kamu bisa meletakkan pemanggang daging di sudut rooftop. Kemudian, tambahkan juga set meja makan dan kursi. Kamu bisa mengadakan pesta bersama keluarga atau teman dekat kapan pun.

🔘 Kolam Renang

Bukan hanya untuk bersantai, kamu juga bisa menyulap rooftop menjadi kolam renang mini. Namun, hal yang harus diperhatikan adalah memastikan struktur bangunan tepat untuk melakukan itu. Tujuannya untuk menghindari risiko kebocoran atau insiden lain yang mungkin terjadi.

Kolam renang rooftop adalah solusi terbaik bagi kamu yang memiliki lahan terbatas. Tanpa harus menghabiskan area di sekitar rumah, rooftop bisa menjadi opsi terbaik. Namun, ukurannya tentu menyesuaikan lebar area yang tersedia. Jika masih memungkinkan, kamu juga bisa menyediakan tempat bersantai di sekitar kolam renang.

🔘 Area Berkebun

Siapa yang senang berkebun? Kamu bisa memanfaatkan area rooftop untuk menyimpan tanaman-tanaman kesayangan. Lokasi ini sangat ideal untuk berkebun karena tumbuhan akan mendapat sinar matahari yang berlimpah.

Kamu bisa menggunakan aneka pot berbentuk artistik atau media tanam lain yang memungkinkan. Aturlah area ini sebaik mungkin sehingga bisa menyerupai taman yang cantik. Selain menyegarkan suasana, kamu juga bisa mendapat manfaat ekstra dari hasil kebun.

🔘 Tempat Kumpul Santai

Model rooftop dengan penataan estetis sangat beragam. Kamu bisa sekadar mengaturnya menjadi tempat bersantai pada sore hari bersama keluarga. Tempatkan sofa minimalis di bawah payung tenda agar bisa duduk santai tanpa terpapar sinar matahari.

Tips Menyulap Rooftop

11-2 fabeliocom

Sumber : Fabelio

Karena sangat fungsional, jangan sampai mengabaikan potensi yang bisa dikembangkan di rooftop. Sebagai inspirasi, ada beberapa tips yang bisa diterapkan pada area rooftop hunian kamu.

🔘 Cermati Luas Rooftop

Sebelum menyulap area rooftop menjadi tempat yang bermanfaat, pastikan kamu mengetahui luasnya. Sesuaikan luas yang tersedia dengan tujuan yang ingin dicapai. Jika ukurannya tidak terlalu luas, sebaiknya lakukan perubahan yang masuk akal. Memiliki area santai untuk keluarga pun sudah memuaskan.

🔘 Pastikan Faktor Keamanan

Merupakan ruang terbuka, kamu harus memastikan keamanan tempat ini maupun perabot yang ada. Jika hujan, misalnya, apakah meja atau kursi yang ditempatkan tersebut cukup aman dari air? Selain itu, sinar matahari juga dapat membuat perabot tertentu tidak lagi sebagus sebelumnya.

Selain itu, rooftop tentu lebih tinggi daripada permukaan tanah pada umumnya. Karena itu, kamu harus memastikan faktor keamanan dengan memasang pagar pengaman di sekelilingnya. Dengan demikian, saat beraktivitas di rooftop, tidak ada risiko jatuh.

🔘 Buat Gazebo Minimalis

Apakah area rooftop cukup luas untuk menempatkan sebuah gazebo? Opsi ini tentu sangat menarik karena gazebo bisa menjadi tempat bersantai yang asyik. Ukuran gazebo tidak perlu terlalu besar. Kamu bisa menempatkan kursi atau meja kecil di sini. Dengan atap gazebo, kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan sinar matahari yang menyengat.

🔘 Ciptakan Suasana Alami

Merupakan area outdoor dan terpapar sinar matahari secara langsung, rooftop dapat terlihat gersang. Karena itu, ciptakan suasana alami sehingga membuat tampilan rooftop lebih asri. Hal yang bisa kamu lakukan adalah menambahkan elemen tumbuhan. Kamu bisa memilih tanaman di pot, tanaman merambat, atau tanaman gantung.

Selain itu, kesan alami juga bisa dibuat melalui pemakaian rumput estetis, pemasangan bahan kayu di lantai, dan penggunaan elemen lain yang didominasi warna alam. Dengan membuat rooftop seperti cara ini, momen bersantai akan lebih menyenangkan.

🔘 Desain Cantik Karena Pencahayaan

Apakah kamu lebih banyak menghabiskan waktu di rooftop pada malam hari? Tambahkan lampu-lampu yang cantik untuk menghias area ini. Dengan pencahayaan yang optimal, tampilan atas bangunan akan makin sempurna. Kamu bisa menggunakan lampu bertema vintage, lampu sorot, atau lampu-lampu artistik yang melintang di atas.

Masih ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat suasana rooftop makin menarik. Hal ini sangat mungkin kamu aplikasikan pada hunian. Jika belum memiliki rumah sendiri dan ingin mencari yang sesuai keinginan, kunjungi ManiaEstate. Ada banyak rumah dari berbagai tipe yang bisa kamu pilih di sini. Yuk, cek websitenya sekarang!