Semua orang yang memiliki rumah pasti menginginkan tampilan terbaik. Selain memilih desain yang bagus, meningkatkan estetikanya bisa dilakukan dengan memilih cat yang sesuai. Warna cat rumah yang bagus tidak hanya bisa membuat bangunan baru terlihat lebih indah, tetapi juga memberikan tampilan yang lebih segar pada rumah lama.

Pemilihan warna cat rumah sederhana tentu tidak bisa dilakukan hanya karena selera saja. Kamu juga harus mempertimbangkan aplikasinya karena pemilihan warna cat rumah bagian dalam tentu akan berbeda dengan warna cat rumah bagian luar. Untuk memudahkan kamu dalam memilih warna, simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Rekomendasi Warna Cat Eksterior yang Elegan

5-1 qhomemartcom

Sumber : Qhome Mart

Memilih warna cat teras rumah yang bagus sama pentingnya dengan memilih warna cat eksterior secara keseluruhan. Ini penting agar rumah kamu tetap terlihat bagus dari segala sisi, bukan hanya saat dipandang dari depan. Jika kamu bingung memilih, simak beberapa inspirasi warna cat tembok luar rumah berikut ini!

1. Putih

Putih merupakan varian warna cat yang paling banyak digunakan untuk interior maupun eksterior berbagai jenis bangunan. Kesan bersih dan simpel yang ditampilkannya membuat warna ini banyak diaplikasikan sebagai warna cat rumah minimalis. Selain itu, warna putih memberikan kesan elegan dan mahal. Agar tidak terlihat monoton, kamu bisa memadukannya dengan variasi warna cat rumah minimalis lain, seperti abu-abu atau pastel.

2. Abu-abu

Seperti putih, abu-abu juga banyak dimanfaatkan untuk mengecat rumah bergaya modern maupun minimalis. Abu-abu cocok dipadukan dengan warna lainnya karena sifatnya yang netral.

3. Hijau

Hijau merupakan warna yang sangat umum digunakan sebagai cat eksterior rumah di Indonesia. Dari segi psikologis, warna hijau melambangkan keseimbangan, kesegaran, dan kedamaian. Agar tidak terkesan norak, hindari menggunakan tone hijau yang terlalu terang. Alih-alih, pilihlah warna hijau tua, hijau pastel, atau hijau mint yang terkesan lebih kalem.

Rekomendasi Warna Cat Interior yang Elegan

5-2 4mudacom

Sumber : 4 Muda

Jika warna bagian luar bangunan umumnya dinikmati oleh orang-orang yang melintas, warna interior lebih penting bagi penghuni yang ada di dalamnya. Ini karena warna memiliki dampak psikologi dan bisa memberikan energi bagi mereka yang melihatnya. Agar semua anggota keluarga merasa nyaman dan tenang, simak beberapa rekomendasi warna cat dalam rumah berikut ini!

1. Biru

Karena bisa kemampuannya memberikan ketenangan pada orang yang melihatnya, biru kerap dipilih sebagai cat untuk dinding kamar tidur. Warna biru, baik dengan tone yang pekat maupun yang muda, bisa memberikan efek relaksasi yang serupa. Bedanya, jika biru muda bisa memunculkan rasa hangat dan tajam, biru tua akan memberikan atmosfer hangat nan mengundang sehingga cocok dijadikan pilihan cat interior, terutama ruang tamu.

2. Kuning

Saat dipandang, warna kuning bisa membangkitkan suasana hati sekaligus membuat ruangan jadi terlihat lebih cerah. Aplikasi warna kuning untuk interior rumah paling cocok diterapkan di tempat-tempat dengan aktivitas tinggi seperti dapur. Aura positif yang muncul bisa membuat kamu lebih bersemangat saat memasak.

Untuk desain dapur yang sederhana atau minimalis, kamu bisa memadukannya dengan warna putih. Kamu juga tidak perlu takut bereksperimen karena kuning tetap cocok dipadukan dengan warna netral atau tone lain yang lebih redup.

3. Hijau

Ruang tamu atau ruang keluarga tidak hanya jadi tempat untuk menyambut kunjungan kerabat dekat tetapi juga jadi lokasi yang menyenangkan untuk bersantai setelah melalui hari melelahkan. Secara psikologis, warna hijau bisa mengurangi kecemasan. Kesan natural yang muncul dari warna hijau akan membuat kamu seakan-akan ada di luar ruangan.

Selain pada ruang tamu, penggunaan warna hijau untuk dinding ruang kerja juga jadi pilihan yang menarik. Dengan suasana yang fresh, kamu bisa lebih produktif dan bersemangat saat WFH.

Tips Memilih Warna Cat untuk Rumah

5-3 99c0

Sumber : 99

Setelah mengetahui rekomendasi terbaik cat yang cocok untuk interior dan eksterior, saatnya untuk menentukan pilihan. Ada beberapa tips yang sebaiknya kamu pertimbangkan sebelum memutuskan warna cat yang cocok untuk rumahmu. Apa saja?

1. Sesuaikan dengan Desain Interior Rumah

Hal pertama yang harus kamu pikirkan sebelum memilih warna adalah menyesuaikannya dengan gaya interior yang kamu gunakan di rumahmu. Cat rumah minimalis cenderung netral sementara rumah bergaya shabby chic kental dengan warna pastel cerah. Pastikan warna dan konsep interiornya tidak berlawanan agar nilai estetika rumah bisa meningkat seperti yang kamu inginkan.

2. Tentukan Mood Apa yang Ingin Kamu Tonjolkan

Pertanyaan selanjutnya yang harus kamu jawab sebelum memilih warna cat rumah adalah: kesan apa yang ingin kamu tonjolkan? Kalau kamu ingin suasana di dalamnya ceria dan fun, gunakan warna-warna terang dan cerah sepertu putih, biru muda, atau merah muda. Untuk menonjolkan kemewahan hunianmu, pemilihan warna-warna monokrom sangat direkomendasikan. Sementara itu, suasana hangat dalam rumah dapat dibangun dengan penggunaan warna krem, hijau, atau cokelat.

3. Buat Palet Warnanya Terlebih Dahulu

Kalau kamu ingin memadukan satu warna dengan warna lainnya, kamu bisa melihat gambarannya lewat palet warna. Cocokkan warna utama yang ingin kamu pakai dengan complimentary colors-nya. Beberapa warna bisa saling melengkapi tetapi warna lain mungkin akan memberikan kesan kontras. Konsultasikan dengan desainer interior atau arsitek kamu sebelum memilihnya.

4. Untuk Interior, Gunakan Warna Cat yang Berbeda

Khusus untuk interior, kamu disarankan untuk mengaplikasikan warna yang berbeda. Ini karena aktivitas di setiap ruangan memiliki tujuan berbeda. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, warna biru atau hijau muda lebih cocok untuk kamar tidur karena memberikan efek menenangkan. Sebaliknya, warna kuning yang ceria lebih cocok diaplikasikan pada ruangan dengan intensitas aktivitas yang tinggi seperti dapur karena bisa membangkitkan semangat.

Itulah beberapa rekomendasi warna cat rumah yang bagus beserta tips untuk memilihnya. Selain memilih warna, pastikan kamu memiliki rumah dengan lokasi terbaik. Temukan semuanya di ManiaEstate.