Jika membicarakan soal drainase, baik untuk saluran maupun talang air, pasti tak lepas dari pipa. Sebenarnya, pilihan pipa ini bisa dikatakan beragam dari sisi material. Ada aluminium, besi, dan plastik atau lebih dikenal dengan istilah pipa PVC.

Dibandingkan dengan dua jenis lainnya, pipa plastik atau PVC terbilang lebih populer. Bukan tanpa alasan, berdasarkan ukuran pipa PVC, pipa satu ini punya harga yang cukup terjangkau dan bisa digunakan untuk bermacam keperluan saluran air.

Sejak masalah karat yang muncul pada pipa berbahan besi untuk air bersih, pipa yang menggunakan material thermoplastic semakin digemari. Begitu pula dengan pipa PVC yang mulai dilirik di Belanda mulai tahun 1950.

Pipa berbahan thermoplastic ini disinyalir lebih efektif jika digunakan untuk keperluan saluran air karena tidak mudah rusak karena karat. Bahan polyvinyl chloride menjadi yang pertama digunakan hingga selanjutnya muncullah istilah pipa PVC yang dipakai sampai sekarang.

Manfaat Menggunakan Pipa PVC

7-1 pipaaircoid

Sumber : Pipa Air

Meski banyak sekali jenis pipa thermoplastic yang bisa kamu dapatkan di pasaran, pipa PVC tetap mampu bersaing dan memiliki pelanggan setianya sendiri. Ini karena pipa PVC punya berbagai kelebihan, antara lain: 

  • Harga lebih terjangkau. Jika dibandingkan dengan pipa berbahan besi atau thermoplastic lainnya, pipa PVC masih memiliki harga yang lebih miring. Tak hanya itu, aksesori pendukungnya pun memiliki harga yang terjangkau sehingga biaya pemasangan menjadi tidak terlalu mahal.
  • Antikarat. Permasalahan ini sangat umum terjadi pada pipa berbahan besi. Tentunya, hal tersebut berdampak pada masa pakai yang menjadi jauh lebih singkat. Sebaliknya, pipa PVC memiliki bahan antikarat dan tahan terhadap alkali dan bahan kimia lain.
  • Lebih kokoh dan kuat. Inovasi pipa PVC melahirkan bahan baru yaitu unplasticized polyvinyl chloride atau uPVC. Material ini bisa dibilang berhasil menutup semua kekurangan yang dimiliki oleh PVC sebelumnya.
  • Pemasangan lebih mudah. Tentunya, jika dibandingkan dengan pipa yang terbuat dari bahan logam. Ini karena material PVC yang lebih mudah dipotong tanpa harus menggunakan peralatan khusus.

Ukuran Pipa PVC, Jenis, dan Harganya

7-2 renovasicoid

Sumber : Renovasi

Sekarang ini, terdapat tiga macam pipa PVC yang bisa kamu jumpai di toko material bangunan. Ketiganya mengacu pada standar ukuran Jepang atau Japan Industrial Standard (JIS), yaitu:

  • Jenis AW. Merupakan tipe dengan ketebalan terbaik dan memiliki ketahanan terhadap tekanan hingga 10 kg/cm2. Jenis ini menjadi pilihan terbaik untuk saluran air yang memiliki tekanan tinggi, termasuk yang berasal dari penggunaan pompa air.
  • Jenis D. Memiliki ketebalan sedang dan memiliki ketahanan tekanan hingga 5 kg/cm2. Pula tipe D menjadi pilihan tepat untuk kebutuhan berbagai saluran air rumah.
  • Jenis C. Menjadi tipe pipa yang paling tipis daripada model lainnya. Pipa ini banyak digunakan sebagai lapisan untuk melindungi kabel listrik.

Sementara itu, dalam sebuah rumah biasanya terdapat tiga jenis saluran air, yaitu:

  • Saluran untuk air bersih. Jenis saluran air ini memiliki fungsi untuk mengalirkan air untuk kebutuhan sanitasi rumah. Contohnya, pipa untuk kran shower kamar mandi atau kran wastafel cuci piring. Nah, pilihan tipe pipa yang ideal untuk kebutuhan ini adalah model AW dengan ukuran pipa PVC ½ atau ¾ inci.
  • Saluran air untuk pembuangan. Air yang telah digunakan lalu dialirkan melewati saluran pembuangan, seperti saluran pembuangan dari mesin cuci atau kamar mandi. Kebutuhan ini bisa menggunakan pipa PVC tipe D atau AW dengan ukuran sekitar 2 atau 3 inci.
  • Saluran untuk pengairan kotor. Kebutuhan ini misalnya pembuangan yang berasal dari kloset. Pilihan dan ukuran pipa PVC yang pas adalah tipe AW atau D sebesar 4 inci.

Sementara untuk harga yang ditawarkan bergantung pada ukuran dan tipe pipa yang menjadi pilihan. Contohnya, pipa PVC Standard Wavin tipe AW dijual mulai dari Rp24 ribu dan tipe D mulai dari Rp40 ribuan. Sementara untuk standar JIS, harga yang ditawarkan untuk tipe AW mulai dari Rp40 ribuan dan Rp70 ribuan untuk tipe D.

Tips Memilih Pipa PVC yang Tepat untuk Saluran Air di Rumah

7-3 dekorumacom

Sumber : Dekoruma

Setelah mengetahui harga, jenis, dan ukuran pipa PVC untuk kebutuhan saluran air di rumah, kamu juga perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut sebelum membeli pipa:

  • Pastikan sesuai dengan kebutuhan. Sebelum membeli, coba perhatikan kembali untuk apa pipa tersebut nantinya. Apakah untuk keperluan saluran sanitasi bersih, pembuangan, atau saluran air kotor? Jadi, kamu tidak salah membeli jenis dan ukurannya.
  • Lakukan pemeriksaan ketahanan dan kekuatan pipa. Ketika berada di toko material, penjual pasti akan memberikan kamu banyak pilihan merek pipa dengan kualitas yang pastinya tidak sama. Sebenarnya, kamu bisa memilih sesuai kebutuhan. Namun, ada baiknya tanyakan pada penjual mana rekomendasi yang lebih baik untuk keperluan rumahmu.
  • Pastikan ukurannya benar. Salah ukuran pipa pasti membuat pipa tidak bisa digunakan. Jadi, guna menghindari pengeluaran berlebih, kamu perlu memastikan ukuran pipa sesuai dengan fungsi yang kamu perlukan.
  • Beda kebutuhan, tentu beda jenis pipanya. Perhatikan juga kebutuhan lainnya, misalnya kamu ingin menggunakan pemanas air untuk kamar mandi. Pastinya, kamu membutuhkan pipa saluran air yang mampu menahan panas setidaknya 85 derajat Celsius.
  • Pakai perekat yang sesuai. Jangan lupakan perekat sebagai komponen penting lainnya saat kamu membeli pipa. Pasalnya, komponen satu ini memiliki peran yang tak kalah pentingnya, yaitu sebagai penyambung pipa. Pilih perekat yang sesuai dengan tipe dan merek pipa sehingga kamu tak perlu lagi kerepotan mencari perekat secara terpisah.

Ternyata, tidak sulit kan memilih ukuran pipa PVC yang tepat asalkan kamu sudah tahu jenis dan kebutuhannya. Lalu, bagaimana jika hendak mencari hunian idaman? Tentunya tidak sulit karena ManiaEstate hadir untuk membantumu mendapatkan rumah impian. 

Membeli atau menjual properti pastinya lebih mudah dengan ManiaEstate. Hubungi segera ManiaEstate untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan berbagai tawaran menarik lainnya, ya!